STUDI KASUS TENTANG PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI INPRES 02 SANOBA

  • Nova Telussa, SD Negeri Inpres 02 Sanoba SD Negeri Inpres 02 Sanoba
  • Andini Sariwanti Bassi Lottong, SD Negeri Inpres 02 Sanoba SD Negeri Inpres 02 Sanoba
  • Johnson Kabi, SMA YPK Tabernakel SMA YPK Tabernakel
Keywords: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Inpres 02 Sanoba. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa kelas IV SD Negeri Inpres 02 Sanoba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA dilakukan dengan berbagai cara yang sesuai dengan karakteristik lingkungan sekolah yang kaya akan sumber belajar IPA, (2) faktor-faktor yang memengaruhi pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA adalah faktor internal dan faktor eksternal, (3) dampak pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA terhadap minat dan motivasi siswa adalah positif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran IPA di sekolah dasar yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang efektif dan inovatif.

Published
2023-12-30