PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK KELAS lX SMP YPPK ST. ANTONIUS

  • Feni Dwi Karmelita, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Yulianti Mangallo, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Ebit Rusali, SMP YPPK ST. ANTONIUS SMP YPPK ST. ANTONIUS
Keywords: pembelajaran diferensiasi, hasil belajar matematika, bangun ruang sisi lengkung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP YPPK ST. ANTONIUS Nabire tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan satu siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IX SMP YPPK ST. ANTONIUS Nabire. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah siklus I. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pre test yang dilakukan pada awal pertemuan, diperoleh hasil belajar siswa yaitu 4 orang siswa yang tuntas (13.33%) dan 26 orang siswa yang tidak tuntas (86.67%) dan rata-rata yaitu 56.76% dengan KKM yaitu 70. hasil post test yang dilakukan proses pembelajaran diferensiasi, diperoleh hasil belajar siswa yaitu 28 orang siswa yang tuntas (93.33%) dan 2 orang siswa yang tidak tuntas (6.67%) dan rata-rata yaitu 87.26% dengan KKM yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, khususnya materi bangun ruang sisi lengkung. Pembelajaran diferensiasi juga dapat meningkatkan berbagai aspek lain yang berkaitan dengan pembelajaran matematika, seperti aktivitas, motivasi, kemandirian, kreativitas, kerjasama, tanggung jawab, keterampilan metakognitif, reflektif, dan evaluatif siswa. Oleh karena itu, pembelajaran diferensiasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pengajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di abad 21.

Published
2023-12-30