IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI BILANGAN DI SMA PKMB EL-ZHADAI NABIRE

  • Kristina Yatipai, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Yuly Tappi, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Ancelina Butu, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Teori Belajar Konstruktivistik, Pembelajaran Matematika, Operasi Bilangan, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan di PKBM EL-ZHADAI NABIRE. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 40 siswa program paket C setara dengan SMA di PKBM EL-ZHADAI NABIRE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, uji ANOVA, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari teori belajar konstruktivistik terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) terdapat pengaruh interaksi antara teori belajar konstruktivistik dan materi operasi bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar matematika dan sikap positif siswa terhadap matematika.

Published
2023-12-30