MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI TENTANG SINGKONG SEJUTA MANFAATNYA DI KELAS V SD NEGERI INPRES BUMI WONOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Aleks Pigai, USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Model Pembelajaran, Example Non Example, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya di kelas V SD Negeri Inpres Bumi Wonorejo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, menggunakan model penelitian John Elliot (1991). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Indikator Keberhasilan dalam penelitian ini, mengacu pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan untuk siswa kelas V SD Negeri inpres Bumi Wonorejo Tahun Pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran IPA yaitu 60. Pada pelaksanaan tindakan siklus I, yang nilainya telah mencapai KKM sebanyak 11  siswa (52,38%) dan yang nilainya belum mencapai KKM sebanyak 10 siswa (47,62%). Pada tindakan siklus II, terdapat 19 siswa (90,48%) yang nilainya telah mencapai KKM, dimana telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya Di Kelas V SD Negeri Inpres Bumi Wonorejo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Published
2023-06-06