AN ANALYSIS OF STUDENTS' ENGLISH LEARNING DIFFICULTIES IN SPEAKING LEARNING

Authors

  • Johanes Dimara, USWIM Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Satya Wiyata Mandala

Keywords:

Analisis, Kesulitan, Berbicara

Abstract

Tulisan ini menganalisis tentang kesulitan belajar bahasa Inggris Mahasiswa  dalam Pembelajaran Speaking di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fokus tulisan ini adalah untuk dapat menemukan kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran speaking bahasa Inggris. Studi ini menggunakan pendekatan klasik dan individual dalam mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur yang digunakan konteks, input,  proses,  dan  produk. Model Evaluasi untuk manfaatnya adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Data dianalisis dengan menggunakan  McDonough Model, yaitu: (1) eksplorasi pada kedua proses belajar mahasiswa dan hasilnya; (2) menganalisis hasil eksplorasi melalui kuesioner, wawancara dengan mahasiswa; (3) melakukan peer-debriefing, yaitu wawancara dengan Dosen lain yang terkait dengan, metode, konten RPS, apakah mereka telah sesuai dengan  kebutuhan  mahasiswa.  Temuan menunjukkan bahwa mahasiswa belajar bahasa Inggris kesulitan untuk: (1) rasa dipaksa; (2) penguasaan rendah pada konsep dasar / intake; (3) kurang dukungan dari lingkungan mereka; (4) kepemilikan perbendaharaan kosa kata Bahasa Inggris yang tidak memadai dan sedikit kesempatan untuk berlatih. Sehubungan dengan temuan tersebut, disarankan agar mahasiswa, Dosen dan Program Studi harus memfasilitasi dan memberikan motivasi tinggi untuk proses belajar bahasa Inggris .

Downloads

Published

2023-06-06