PERAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA DI SD KRISTEN AGAPE

  • Santji Afi Rangkoly, USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Jasmari ., USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Tut Hidayatillah, USWIM Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Bimbingan Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa di SD Kristen Agape. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah mentode deskriptif kualitatif dalam bentuk studi literatur. Waktu penelitian yang dibutuhkan yaitu dari bulan April – Mei 2023. Prosedur yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Penentuan Topik, Pustaka, Pemilihan Pustaka yang relevan, Analisis Data dan Kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunkan teknik dokumentasi dan tek nik observasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan membaca berbagai sumber data berupa buku dan artikel yang telah dikumpulkan.

Dari hasil analisis data yang diperoleh dari pembahasan masing-masing penelitian maka terdapat peningkatan hasil belajar yang dilakukan dengan menggunakan bimbingan belajar pada siswa. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan proses pembelajaran dengan menggunakan layanan bimbingan belajar berdampak positif dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan kajian data penelitian studi literatur yang telah dilakukan penulis tentang peran bimbingan belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan layanan bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SD Kristen Agape, sehingga bimbangan belajar dapat dijadikan sebagai solusi yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yang dapat dipakai oleh guru di sekolah  maupun orang tua siswa di rumah.

Published
2023-06-06