Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas XI-IPS SMA Kristen Anak Panah Nabire

  • Refly J. Umpel, USWIM Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar, Bahasa Inonesia, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI-IPS SMA Kristen Anak Panah Nabire Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen Anak Panah Nabire.

       Subyek penelitian siswa kelas XI-IPS SMA Kristen Anak Panah Nabire pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan menurut  prosedur penelitian berdasarkan prinsip Kemmis dan Taggart (dalam Tampubolon, 2014: 27), yang mencakup 3 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, 3) refleksi.

       Hasil penelitian  diperoleh data awal 22 siswa ternyata sebanyak 9 siswa (40,91%) yang memenuhi KKM sedangkan 13 siswa (59,09%) belum memenuhi, kemudian dilakukan tindakan siklus I diperoleh data 15 siswa (68,18%) memenuhi KKM sedangkan 7 siswa (31,82%) belum memenuhi KKM, kemudian dilanjutkan tindakan siklus II  diperoleh data 22 siswa (100%) tuntas memenuhi KKM.

        Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia  siswa kelas XI IPS Siswa SMA Kristen Anak Panah Nabire Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan persentase ketuntasan 100%.

Author Biography

Refly J. Umpel, USWIM, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI-IPS SMA Kristen Anak Panah Nabire Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen Anak Panah Nabire.

       Subyek penelitian siswa kelas XI-IPS SMA Kristen Anak Panah Nabire pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan menurut  prosedur penelitian berdasarkan prinsip Kemmis dan Taggart (dalam Tampubolon, 2014: 27), yang mencakup 3 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, 3) refleksi.

       Hasil penelitian  diperoleh data awal 22 siswa ternyata sebanyak 9 siswa (40,91%) yang memenuhi KKM sedangkan 13 siswa (59,09%) belum memenuhi, kemudian dilakukan tindakan siklus I diperoleh data 15 siswa (68,18%) memenuhi KKM sedangkan 7 siswa (31,82%) belum memenuhi KKM, kemudian dilanjutkan tindakan siklus II  diperoleh data 22 siswa (100%) tuntas memenuhi KKM.

        Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia  siswa kelas XI IPS Siswa SMA Kristen Anak Panah Nabire Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan persentase ketuntasan 100%.

Published
2022-12-14