MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI MALOMPO

  • Dominggus Paulus Situru, Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Tut Hidayatillah, Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Contextual Teaching Learning (CTL)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) siswa kelas 2 SD Negeri Malompo. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di SD Malompo pada siswa kelas 2 dengan jumlah siswa 19 orang dan dilakukan pada tahun akademik 2022/2023 pada semester ganjil. Metode penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan dalam bentuk tes dan non tes. Teknik analisis pengambilan data yaitu menggunakan analisis kualitatif dan kualitatif. Hasil post test pada siklus I bahwa terdapat 8 orang siswa yang tuntas dengan presentase 42.10%, sedangkan11orang siswa yang belum tuntas dengan presentase 57.89% dan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 71.63%. Hasil poste test siklus II menunjukkan terdapat 17 orang siswa yang tuntas dengan presentase 89.47% , sedangkan terdapat 2 orang siswa yang belum tuntas dengan presentase 10.52% dan nilai rata-rata skor yaitu 94.94%. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen bagi siswa kelas 2 SD Negeri Malompo

Published
2022-12-14