Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas IV SD Kristen Agape dengan Model Pembelajaran Terpadu dalam Literasi Membaca Pemahaman

  • Jasmari ., Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Tut Hidayatillah, Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Kemampuan, Ide Pokok Paragraf, Model Pembelajaran Terpadu

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu apakah penggunaan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Kristen Agape?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf melalui medel pembelajaran terpadu pada siswa kelas IV di SD Kristen Agape . Metode yang digunakan adalah  metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil tes dan observasi siswa dan guru. data kuantitatif didapatkan dari hasil tes belajar. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus yang dikembangkan sesuai dengan prosedur PTK yaitu siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui penilaian proses dan penilaian hasil setiap akhir tindakan. Pada pelaksanaan siklus I, diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5% dan daya serap klasikal sebesar 66,9% serta persentase nilai rata-rata 67%. Pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% serta daya serap kalsikal sebesar 74,37% serta persentase nilai rata-rata 74%. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan secara signifikan dari pelaksanaan tindakan siklus I dan pelaksanaan tindakan siklus II. Berdasarkan perolehan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf pada siswa kelas IV di SD Kristen Agape.

Published
2022-12-14