MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK YPK Dr NOMENSEN STEVAN MAMBRAKU

  • Santji Afi Rangkoly, Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Rivaldo Paul Telussa, Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas X dengan menggunakan model problem based learning di SMK YPK Dr Nomensen Stevan Mambraku. Lokasi dalam penelitian yaitu di SMK YPK Dr Nomensen Stevan Mambraku, dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dengan waktu penelitian yaitu pada tahun akademik 2022/2023 semester ganjil. Metode penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan dalam bentuk tes dan non tes. Teknik analisis pengambilan data yaitu menggunakan analisis kualitatif dan kualitatif. Hasil post test pada siklus I bahwa terdapat 17 orang siswa yang tuntas dengan presentase 54.83%, sedangkan14 orang siswa yang belum tuntas dengan presentase 45.16% dan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 75.03%. Hasil poste test siklus II menunjukkan terdapat 28 orang siswa yang tuntas dengan presentase 90.32% , sedangkan terdapat 3 orang siswa yang belum tuntas dengan presentase 9.67% dan nilai rata-rata skor yaitu 94.09%. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn Siswa Kelas X pada SMK YPK Dr Nomensen Stevan Mambraku.

Published
2022-12-14