MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

  • Suryati Mangallo, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Teodolus Asmanto, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Yulianti Mangallo, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Febriya Widiya Cahyani, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Model Pembelajaran Direct Instruction (DI), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik melalui model pembelajaran langsung direct instruction (DI). Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian berupa kajian pustakaan, yaitu penulis melakukan serangkaian kegiatan penelitian upaya merangkum berbagai hasil penelitian dengan studi dokumen yang digunakan penulis dengan metode pengumpulan data pustaka kemudian membaca dan mencatat portal mengelola bahan penelitian dengan tujuan dapat menerangkan tentang model pembelajaran direct instruction berupa kutipan-kutipan data.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan memperbaiki metode pembelajaran. Karena metode pembelajaran merupakan hal yang utama dalam pendidikan. Dalam proses pembelajaran akan selalu berkaitan dengan peran pendidik, pendidik tidak hanya mentransfer ilmunya kepada peserta didik tetapi juga mengajak anak didiknya untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki dengan memberi contoh yang baik. Untuk mengetahui hasil belajar dalam matematika atau mata pelajaran yang lain dibutuhkan evaluasi yang dapat menggambarkan hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar merupakan aktivitas yang sangat penting dalam proses pendidikan.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa model pembelajaran direct instruction (DI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Published
2022-12-14