Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Metode Demonstrasi Di SD Negeri 93 Maluku Tengah

  • Rivaldo Paul Telussa, Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Santji Afi Rangkoly, Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Jasmari ., Uswim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Kevin Andrea Tamaela, STKIP Gotong Royong Masohi Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Gotong Royong Masohi
Keywords: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 93 Maluku Tengah dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 17 orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes (pre test dan post test). Analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kunatitatif. Hasil post test  pada siklus I terdapat 8 orang siswa yang tuntas dengan presentase 47.05%, sedangkan terlihat 9 orang siswa yang belum tuntas dengan presentase 52.94% dan rata-rata skor yaitu 70.35%. Hasil post test pada siklus II menunjukkan bahwa 16 orang siswa yang sudah tuntas dengan presentase 94.11% , terdapat 1 orang siswa yang belum tuntas dengan presentase 5.88% dan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 95.17%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2022-06-22