Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Pertama

  • Ronald Manibuy, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Yuly Tappi, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Teodolus Asmanto, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Peni Sara, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Minat, Motivasi, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika di Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi literatur atau penelitian kepustakaan dengan menggunakan sumber data sekunder, dimana penulis melakukan pencarian pustaka secara online melalui Google guna untuk mendapatkan sumber-sumber data pustaka yang relevan, berupa jurnal, skripsi dan membaca semua informasi yang berkaitan dengan topik penelitian. Adapun pencarian pustaka secara offline melalui pencarian pustaka berupa buku dan sumber lainnya bersumber dari dosen pembimbing. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar peserta didik secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika di sekolah menengah pertama.

Published
2022-06-22