EFEKTIVITAS HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 NABIRE

  • Yulianti Mangallo, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Efektivitas, Hypnoteaching, Belajar Matematika

Abstract

Jenis Penelitian eksperimen, bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Hypnoteaching dalam pembelajaran  matematika. Populasi penelitian siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1. Sampel penelitian ini adalah kelas XII IPS 4 dan XII IPS 1 yang diambil  secara Cluster Random Sampling. Jumlah siswa XII IPS 4 sebanyak 34 siswa, dan kelas XII IPS 1 sebanyak 33 siswa. Kelas XII IPS 4 sebagai kelas penerapan metode hypnoteaching atau kelas eksperimen, dan kelas XII IPS 1 sebagai kelas penerapan metode konvensional atau kelas kontrol. Hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 71,40 sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol 56,37. Hal ini menunjukkan bahwa hypnoteaching efektif dalam pembelajaran matematika.

Published
2022-06-22