PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Yuly Tappi, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Ronald Manibuy, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pemanfaatan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis penelitian merupakan penelitian studi kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah Pengupulan data, Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran menggunakan media software GeoGebra dapat membantu siswa untuk mengkontruksi pengetahuannya dengan menemukan sendiri cara penyelesaian pembelajaran. Pembelajaran ini membuat siswa merasa sedang dalam pembelajaran yang mengakibatkan adanya respon positif dari siswa. Untuk itu berdasarkan hasil analisa data dari beberapa jurnal penelitian yang relevan diperoleh rata-rata nilai siswa memberikan peningkatan hasil belajar pada kelas ekperimen sehingga dapat disimpulkan pemanfaatan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Published
2022-06-22