Implementasi Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD)

  • Lusden Samosir, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Metode Resitasi, Ilmu Sosial Dasar (ISD), Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui metode resitasi pada mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Satya Wiyata Mandala di Nabire.

Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Satya Wiyata Mandala di Nabire, pada mahasiswa semester 1 tahun akademik 2021/2022 dengan jumlah sebanyak 20 mahasiswa. peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Pada model Kemmis dan McTaggart satu siklus terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan nilai tes antar siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar mahasiswa prasiklus adalah 40,00%. Setelah dilaksanakan tindakan. rata-rata hasil belajar siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,10, ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I adalah 70,00%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar sebesar 77,45 dan ketuntasan klasikal dengan persentase 95,00%.

Dengan demikian implementasi metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) di Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Satya Wiyata Mandala di Nabire.

Published
2021-12-15