PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WHATSAPP GROUP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA DALAM MASA PANDEMI COVID-19

  • Riswan Andika, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Ronald Manibuy, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Dorlince Senandi, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Media Pembelajaran, Matematika, WhatsApp Group, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda menyebabkan pembelajaran harus dilakukan secara online, dalam pembelajaran online memerlukan media pembelajaran dalam pelaksanaannya salah satunya adalah WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran matematika di SMA dalam masa pandemi Covid-19.

Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti membaca sumber-sumber pustaka yang relevan dan mencatat semua informasi yang berkaitan dengan topik penelitian.  Data yang  akan  diolah  dalam  penelitian  ini berhubungan dengan data sekunder sebagai sumber data. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu penentuan topik, pencarian pustaka, pemilihan pustaka yang relevan, analisis pustaka dan penyusunan Review. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui 3 proses yaitu Editing, Organizing, dan Finding, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa WhatsApp dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 yang berfungsi untuk menyalurkan informasi pembelajaran melalui Group Chat yang dibuat oleh pendidik. Pada mata pelajaran matematika WhatsApp terbukti efektif digunakan sebagai pendukung pengajaran dan pembelajaran matematika di luar kelas selama pandemi Covid-19. WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran online. WhatsApp juga dapat dipadukan dengan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar agar dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa WhatsApp Group dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran matematika di SMA dalam masa pandemi Covid-19.

Published
2021-12-15