Keefektifan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Pecahan

Authors

  • Kondo Korani, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala

Keywords:

Keefektifan, Metode Inkuiri, Operasi Pecahan

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas metode inkuiri dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP YPPK Santo Antonius Nabire  Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP YPPK Santo Antonius Nabire Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 137 siswa dan tersebar pada empat kelas, teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling (sampel berkelompok diambil secara acak), di ambil satu kelas eksperimen yaitu kelas VIIC dengan jumlah 38 siswa dan kelas kontrol yaitu VIIB dengan jumlah 39 siswa. Hasil uji t menunjukkan ada perbedaan hasil belajar. Hasil perhitungan nilai thitung = 7,19 sedangkan  ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5%, hal ini menunjukkan bahwa t berada di luar daerah eksperimen - 2,00 < t < 2,00, oleh karena itu H0 di tolak dan Ha diterima. Dari hasil uji t dapat di simpulkan bahwa ada metode inquri dan siswa yang tidak di ajarkan menggunakan metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas VII  SMP YPPK Santo Antonius Nabire Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Published

2021-12-15