PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK YPK Dr NOMENSEN STEVAN MAMBRAKU
Keywords:
Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Numbered Heads TogetherAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Di SMK YPK Dr Nomensen Stevan Mambraku. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMK YPK Dr Nomensen Stevan Mambraku. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 orang siswa, sementara jenis pengumpulan data menggunakan tes dan data yang telah dikumpulkan itu kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil Pre test yang dilakukan terlihat bahwa 3 orang siswa yang tuntas (20%) dan 12 siswa yang belum tuntas (80%). Data ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Setelah dilakukan proses pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) menunjukkan bahwa terdapat 8 siswa yang tuntas dengan presentase 53.33% dan 7 siswa yang belum tuntas dengan presentase 46.66%. Walaupun hasil post test menunjukkan terjadinya peningkatan, tetapi belum mencapai kriteria keberhasilan siswa, maka penelitian ini akan dilanjutkan pada siklus II. Hasil pada siklus II menunjukkan bahwa terdapat 13 siswa yang tuntas dengan presentase 86.88% dan 2 siswa yang belum tuntas dengan presentase 13.33%. Berdasarkan hasil post test yang diperoleh siswa selama proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siklus II, menunjukkan bahwa siswa telah mencapai kriteria keberhasilan, dengan demikian penelitian ini dihentikan pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK YPK Dr Nomensen Stevan Mambraku.