MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

  • Efjon Panden, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Yuly Tappi, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
  • Roy Purnomosidi Lekatompessy, Uswim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Studi Literatur, Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, dan data yang dipergunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari kajian  pustaka, berdasarkan jurnal, skripsi, maupun catatan-catatan serta dokumen terkait model pembelajaran berbasis masalah.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Dalam  penelitian ini dikaji jurnal terkait model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama, baik penelitian eksperimen maupun penelitian tindakan kelas (PTK).

Dari hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah  untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil analisis isi dari jurnal penelitian yang telah dikaji dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik  pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama.

Published
2021-12-15