MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Keywords:
Studi Literatur, Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, dan data yang dipergunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari kajian pustaka, berdasarkan jurnal, skripsi, maupun catatan-catatan serta dokumen terkait model pembelajaran berbasis masalah.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Dalam penelitian ini dikaji jurnal terkait model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama, baik penelitian eksperimen maupun penelitian tindakan kelas (PTK).
Dari hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil analisis isi dari jurnal penelitian yang telah dikaji dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama.