PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GMIM III TOMOHON
Keywords:
Metode Inkuiri, Media Lingkungan, dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini di laksanakan di Sekolah Dasar GMIM III Tomohon Kecamatan Tomohon Tengah Kota Tomohon dengan Objek Penelitian Siswa kelas IV Sekolah Dasar GMIM III Tomohon. Penelitian ini di latar belakangi oleh perlunya pembaharuan dalam meningkatkan kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar sebagai respon semakin melehmanya hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompotensi guru dalam menggunakan metode inkuiri dalam proses pembelajaran IPA, bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran ilmu Pengetahuan Alam dan apakah metode lingkungan dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode Inkuiri dengan media lingkungan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar GMIM III Tomohon penggunaan metode inkuiri dengan media lingkungan diharapkan dapat melati siswa untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif dan mandiri dengan berintraksi langsung pada benda, Lokasi atau peristiwa sesunggunya secara alamia sehingga keterlibatan siswa dalam preoses pembelajaran akan benar-benar sesuai dengan yang di harapkan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunkan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan tanggart (Lusiana 2013) dengan Empat komponen (1). Perencanaan, (2). Tindakan, (3), Observasi dan (Refleksi).
Dari hasil tindakan kelas ini di simpulkan bahwa dengan penggunaan metode inkuiri dan media lingkungan dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar GMIM III Tomohon dengan hasil siklus I diproleh 27,2%sedangkan siklus II diproleh 81,8 %