PERAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DI SMA YPK TABERNAKEL NABIRE

  • HENDRIKO CAIN HAMEL, Uswim Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Satya Wiyata Mandala
Keywords: Kepemimpinan, Pembelajaran, Kepala Sekolah.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di SMA YPK Tabernakel Nabire. Sampel yang digunakan adalah 13 orang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), metode pengumpulan data dengan wawancara kepada kepala sekolah, wakil-wakil kepala sekolah dan guru, observasi terhadap lingkungan kerja dalam ruang guru, pembagian tugas mengajar, pembagian tugas tambahan, perangkat pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Program Tahunan, Program Semester), daftar hadir guru dan siswa, raport siswa, reaksi guru terhadap kepala sekolah dalam tindakan-tindakan berupa instruksi dan motivasi. dan dokumentasi foto berupa gedung sekolah, ruang kepala sekolah, ruang guru dan tata usaha, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer, daftar hadir guru dan siswa dan kegiatan workshop. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik data triangulasi (data pembanding). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di SMA YPK Tabernakel Nabire berjalan efektif dengan memperhatikan: 1) Profesionalisme guru, 2)kualitas pembelajaran dan 3) memotivasi warga sekolah.

Published
2021-07-12